Toko furnitur online berubah menjadi satu, berusaha meningkatkan keahlian Pinoy ke level berikutnya

angel

Dekorasi

MEMBELI furnitur seperti membeli mobil mengingat pola pikir pembelinya yang harus melihat, menyentuh, merasakan, dan mengujinya terlebih dahulu. Namun, dengan lanskap e-commerce yang terus berkembang, ini telah membuka jalan bagi konsumen untuk sekarang berbelanja furnitur hanya dengan menekan satu tombol.

“Itu terjadi di Eropa dan di AS. Orang-orang cukup mengklik dan menambahkan ke troli furnitur apa pun [they like to buy]. Jadi kami juga mencari transisi itu di sini,” salah satu pendiri shopITOOH dan Chief Operating Officer (COO) Andrew Orlan S. Bercasio mengatakan kepada wartawan selama briefing baru-baru ini di Makati City.

ALON Lounge Chair dari Jed Yabut Furniture & Design.

Bersama rekan-rekannya, mereka mendirikan dan mulai mengoperasikan platform e-commerce untuk apa saja dan semua gaya rumah pada Juli 2021, saat mobilitas orang sangat terbatas di tengah penguncian yang diberlakukan pemerintah pada awal pandemi Covid-19.

Melihat semakin banyak orang Filipina yang beralih ke ruang digital untuk kebutuhan sehari-hari mereka, mereka juga menyadari kebutuhan mereka akan beberapa perbaikan rumah untuk membuat ruang hidup mereka lebih sehat dan kondusif untuk tinggal atau bekerja karena mereka terjebak di tempat tinggal mereka karena karantina komunitas.

“Yang kita tahu sejauh ini ada 26 juta rumah tangga di Filipina, tumbuh rata-rata 2,6 persen per tahun. Dan pada tahun 2025, kita akan mencapai hampir 29 juta rumah tangga. Lima puluh dua persen adalah mereka yang berpenghasilan menengah ke bawah hingga rumah tangga berpenghasilan tinggi, termasuk orang kaya. Ini adalah rumah tangga yang memiliki pendapatan yang dapat dibelanjakan meningkat, dan mereka mewakili pasar kami yang dapat dilayani dan dialamatkan, ”pendiri shopITOOH dan Chief Executive Officer (CEO) Jules Veloso mengatakan tentang perhitungan dari data mikro survei pendapatan dan pengeluaran keluarga dari Otoritas Statistik Filipina.

Hal ini berlaku dengan data dari Fitch Solutions, yang menunjukkan bahwa pengeluaran furnitur di Filipina diperkirakan akan tumbuh lebih cepat sebesar 8,1 persen daripada kategori barang konsumsi utama lainnya; dan proyeksi penjualan Euromonitor International untuk ritel perabot rumah tangga lokal meningkat dua digit pada tahun 2023, mencapai total $4,6 miliar. Namun, terlepas dari pandangan positif ini, konsumen masih mengalami beberapa masalah, termasuk kurangnya pilihan, pemeriksaan yang buruk, dan pengiriman yang lambat.

“Dengan showroom online kami dari furnitur yang dikuratori dengan cermat, shopITOOH telah mengubah cara orang Filipina berbelanja untuk rumah mereka. Budaya obsesi produk kami ditambah dengan tren industri akan membantu kami tumbuh lebih jauh dan bahkan memperluas jangkauan kami, ”katanya.

Pengalaman belanja rumah yang ditingkatkan

Startup e-commerce vertikal milik Filipina telah menandai tahun terobosan perubahan belanja furnitur di negara ini, dengan teknologinya yang terus berkembang untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan, pada saat yang sama, meningkatkan status dan standar, serta memperluas pasar industri mebel lokal.

Pembeli kini dapat mencari dari beragam kategori yang dikuratori dengan cermat dari 69 pedagang shopITOOH—yang 40 persennya adalah penduduk setempat—dan lebih dari 3.000 perabot dan dekorasi rumah yang dibuat oleh pengrajin lokal dan ahli pembuat furnitur di seluruh negeri. Produk-produk ini diperiksa oleh desainer dan seniman untuk memastikan hanya potongan kualitas terbaik dan terbaik yang dijual di platform.

“[So if] Anda ingin akhirnya berinvestasi di meja makan yang dapat Anda gunakan untuk 30, 40 atau 50 tahun ke depan yang dapat Anda wariskan ke generasi berikutnya dalam keluarga Anda, kami mungkin memiliki satu atau dua bagian yang dapat Anda lihat. Jadi di situlah kami berdiri,” kata Bercasio.

Mengubah cara orang Filipina melengkapi rumah mereka, pasar ini menawarkan pengalaman yang nyaman dan lebih tinggi dalam berbelanja barang-barang desainer cantik yang sesuai dengan selera dan anggaran mereka yang berbeda. Galeri fotonya menyajikan potongan-potongan bergaya dalam detail yang menakjubkan untuk membantu konsumen memvisualisasikan bagaimana masing-masing dari mereka akan terlihat di rumah mereka, lengkap dengan deskripsi, pengukuran yang tepat, dan bahkan instruksi perawatan.

“Seperti bagaimana mereka melakukan kurasi, bagaimana mereka mempresentasikan semua perabot mereka di situs web mereka sebenarnya dipikirkan dengan sangat, sangat baik, yang bagi saya juga merupakan pengalaman yang membara karena saya baru saja meluncurkan situs web baru saya juga,” kata Jed Yabut, CEO Jed Yabut Furniture & Design, salah satu pembuat furnitur lokal di platform tersebut.

“Begitulah sebenarnya yang kami lakukan untuk bisnis e-commerce furnitur. Ada banyak hal yang dapat ditingkatkan di pihak saya dalam hal sisi pedagang yang telah terpenuhi pada akhirnya, dan saya pikir itulah yang kami butuhkan di Filipina juga.”

Tonggak sejarah yang mengesankan

SAAT INI, shopITOOH melayani sebagian besar furnitur berdesain Bohemia atau eklektik untuk pelanggan berusia antara 25 dan 45 tahun di Wilayah Ibu Kota Nasional dan Wilayah Greater Manila.

“Mereka benar-benar orang-orang yang sedang bertransisi, yang berarti menetap, naik tangga perusahaan, pindah ke apartemen yang lebih besar, atau mencari lebih banyak investasi,” kata COO tentang target pasar utama mereka yang dianggap sebagai digital. penduduk asli yang mahir menggunakan toko online mereka dan berbagai gateway pembayaran yang aman, seperti Paymongo, Paymaya, dan Atome.

Terbuka untuk pasar ukuran saku yang lebih luas, situs web ini menawarkan barang paling terjangkau yaitu tempat lilin berkubah keramik seharga P40 hingga bingkai tempat tidur seharga P270.000 yang layak investasi.

“Itu jangkauan penuh. Anda tidak harus seperti pada lintasan pengeluaran tertentu dalam hidup Anda untuk dapat membeli apa yang kami miliki di situs web,” kata Bercasio. “Apa yang kami coba lakukan pada dasarnya adalah menyatukan semua merek yang sangat unik ini dan memberi orang pilihan dan kesempatan untuk berbelanja di satu tempat.”

Sementara platform melayani konsumen individu, klien korporat yang mencari furnitur berkualitas terbaik untuk kantor, hotel, dan perusahaan mereka juga dapat menemukan desain yang dibuat dengan baik yang cocok untuk setiap ruangan.

“Kami sekarang mendapatkan banyak pesanan organik. Kami belum meluncurkan B2B [business-to-business] belum, tapi jelas kami sekarang mendapatkan pertanyaan dari B2B dan ini tentang berbicara dengan desainer interior, berbicara dengan petugas pengadaan. Jadi dalam hal di mana kita berada di bagian perjalanan ini, kita jelas menghasilkan keuntungan. Kami sekarang memasuki fase pertumbuhan. Kami sekarang mendapatkan peningkatan dari bulan ke bulan dalam hal transaksi dan juga lalu lintas,” Veloso menunjukkan, sambil menyebutkan tingkat pertumbuhan bulanan rata-rata 60 persen mereka dalam hal nilai barang dagangan kotor.

Perabotan rumah yang paling banyak dicari di portal saat ini termasuk dalam kategori ruang tamu, yang terbuat dari kayu dan rotan. shopITOOH Cofounder and Business Development Head Enah B. Igual mengungkapkan: “Ini benar-benar aksen kursi dan sofa. Itu adalah dua buah yang paling banyak dibeli di platform.”

Bangga Filipina

SEBAGAI start-up yang tumbuh di dalam negeri, shopITOOH mengemban misi untuk mendukung pengrajin dan perajin lokal mengingat industri furnitur kini bersaing head-to-head dengan Indonesia dan Vietnam dalam hal ekspor.

“Vietnam benar-benar pesaing besar dan Indonesia adalah tempat yang harus dituju saat ini [when it comes to] nilai uang untuk furnitur untuk importir besar dan besar dari Amerika, ”kata Matthew Brill, direktur Prizmic & Brill, salah satu mitra pedagang shopITOOH. “Dan apa yang terjadi sekarang adalah kita semua benar-benar bergerak ke pasar kelas atas. Ada sangat sedikit eksportir Filipina yang menjual ke K-Mart atau hanya ada beberapa yang tersisa di sisi Target. Kami benar-benar super high-end sekarang karena kami tidak dapat mengalahkan dari segi biaya dan di pasar menengah.”

Sementara pemain furnitur lokal bersaing dengan tetangganya—dari segi harga—mereka masih memiliki keunggulan kompetitif untuk tetap menjadi yang terdepan, menurut Yabut. Dia berkata: “Dalam hal desain, saya pikir Filipina sangat kompetitif, terutama dengan desainer furnitur muda yang kita miliki saat ini… Saya berharap lebih, dengan ITOOH, misalnya, ketika Anda mencoba untuk mendemokrasikan dan mendigitalkan e-commerce furnitur, ini akan membuka arena yang lebih terbuka juga bagi desainer muda untuk setidaknya membantu dan memberikan lebih banyak kebanggaan kepada Filipina dalam hal keunggulan kompetitif dalam desain.”

Benar sekali, shopITOOH menghadirkan pengalaman desain rumah holistik dengan bekerja sama dengan desainer interior, arsitek, dan pengrajin terbaik. Ia juga bermitra dengan berbagai kelompok, seperti Kamar Industri Perabotan Filipina, untuk memastikan bahwa setiap perabot yang dipamerkan adalah yang terbaik di pasar. Portal ini juga menawarkan jasa desain interior bekerja sama dengan Grupo Santamaria.

“Jika lebih banyak orang Filipina yang mengetahui nilai furnitur yang dirancang secara lokal, maka semakin banyak generasi muda yang tertarik untuk masuk ke ruang itu karena mereka melihat nilainya. Jadi, mudah-mudahan dengan bekerja sama dengan pedagang lokal, kita menjadi seperti penyalur bagi mereka,” kata Igual.

Usaha masa depan

UNTUK terus membentuk kembali perjalanan pembeli furnitur Filipina, shopITOOH terus memberikan mereka pengalaman berbelanja pelanggan yang bebas repot dan tanpa hambatan.

Salah satunya adalah katalog yang disempurnakan yang akan segera diluncurkan yang akan menyediakan visualisasi produk 3D dan skrip gambar. Pelanggan juga dapat menantikan usaha yang akan datang ke dalam seni, pendaftaran hadiah, dan kustomisasi produk.

Lebih banyak pengrajin dan pengrajin Filipina siap untuk bergabung dengan platform yang akan segera melayani di luar Metro Manila dan Luzon karena akan diperluas ke kota-kota lain seperti Cebu, Davao, dan Cagayan de Oro.

“Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan rencana dan strategi pertumbuhan kami. Kami percaya bahwa ada permintaan besar untuk layanan kami di banyak bagian negara dan kami menargetkan untuk membawa shopITOOH ke kota-kota utama di Visayas dan Mindanao segera. Kami juga memiliki tujuan ambisius untuk memperluas jangkauan kami ke wilayah lain di kawasan ini, ”kata CEO, sambil berbagi target mereka untuk mencapai 100 pedagang pada akhir tahun dan 250 pada tahun 2023.

“Dalam tiga hingga lima tahun ke depan, kami juga berencana untuk mengambil alih dunia seperti yang kami lakukan karena itulah yang dipikirkan oleh start-up milenial. Tapi itu adalah sesuatu yang kami yakini akan mampu kami penuhi,” tambah Bercasio. “Saya pikir Eropa sangat tertarik dengan apa pun yang pada dasarnya terbuat dari kayu atau furnitur seperti Asia Tenggara. Jadi kami melihat itu untuk B2B khususnya untuk pasar pembelian. Tetapi ekspansi untuk B2C [business-to-consumer] pasti Asia Tenggara.”

Untuk merayakan ulang tahun pertamanya, shopITOOH menawarkan diskon hingga 50 persen untuk produk tertentu. Pilihan cicilan juga tersedia untuk pembeli dengan anggaran terbatas.

“Ulang tahun pertama kami adalah perayaan desain, akar lokal kami, dan tujuan ambisius kami. Kami sangat antusias untuk membawa lebih banyak mitra ke platform kami dan menyediakan lebih banyak produk dan layanan kepada pembeli kami, ”COO menekankan.

Kredit gambar: Foto kontribusi

Previous

Ide Kamar Tidur Merah Muda | 13 Cara Menghias Kamar Tidur Dengan Warna Pink

Next

Tidak perlu wadah? Sumber furnitur yang tidak terduga telah membantu Anda.